Senin, Desember 22, 2008

Souvenir Kota Singkawang

Saat berkunjung ke sebuah Kota Pariwisata, selain mengunjungi objekwisata tentunya para wisatawan akan mencari souvenir untuk oleh-oleh pulang ke daerah asalnya. Kota Singkawang memiliki beberapa lokasi yang khas untuk mendapatkan souvenir tersebut.
Satu diantaranya Pasar Hongkong, demikian masyarakat Singkawang menyebutknya. Pasar ini menggambarkan kehidupan kota Singkawang yang tidak pernah tidur di malam hari, aktivitas pasar ini dimulai dari senja hingga dini hari.
Terletak ditengah kota, sepanjang jalan Setia Budi termasuk beberapa perempatannya. Menyediakan makanan dan minuman yang bervariasi dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Perkebunan Jeruk.
Perkebunan jeruk berada di beberapa kelurahan di kota Singkawang yang berjarak 7 - 10 km dari pusat kota, kebun jeruk ini dapat di jadikan tempat yang tepat untuk bersantai sambil menikmati jeruk yang langsung di petik dari pohonnya.
Selain di perkebunan, buah jeruk juga banyak dijual di pasar buah tradisional yang letaknya tidak jauh dari pasar Hongkong.

Keramik.
Pembuat keramik berada di daerah Sekok Sedau, sebelah selatan kota Singkawang, pembuat keramik merupakan keterampilan masyatakat Tionghoa yang didapat secara turun temurun. Berbagai motif yang dihasilkan dari keramik Sekok Singkawang, antara lain adalah motif Bunga Mawar, Naga, Delapan Dewa serta motif-motif lain yang mencerminkan tradisi dan kehidupan sehari-hari masyarakat Tionghoa.
Para pengrajin juga dapat membuat motif keramik sesuai dengan yang diinginkan dan juga bersedia mengirimkan keramik yang dibeli sampai ke tempat pembeli.
Proses pembuatan keramik secara tradisional dari tanah di sekitar Singkawang yang banyak mengandung koalin dicampur air. Tanah diaduk hingga merata, lalu diolah sesuai bentuk yang diinginkan. Setelah keramik jadi, ditambah ornamen sesuai motif lalu diglasier untuk pewarnaan. Selanjutnya keramik di bakar dengan menggunakan Tungku Naga. Konon kabarnya, Tungku Naga ini hanya ada di Singkawang dan dapat membakar keramik hingga suhu 2000 derajat celcius. Dari proses pembakaran itu kramik yang telah diglasier akan mengeluarkan warna sesuai dengan yang diinginkan.
Lokasi Penjualan Keramik hamir terletak pada Jalan Raya Sedau diantaranya Keramik Sinar Terang, Keramik Dinamis, Keramik Borneo Lentera, Keramik Semangat Baru.

Manisan Kelimbauan.
Singkawang juga dikenal sebagai penghasil manisan kelimbauan. Buah kelimbauan diolah secara tradisional, dimulai dengan merendam buah kelimbauan dalam air garam, lalu direndam lagi dengan air gula selama beberapa hari untuk memberi rasa manis, selanjutnya proses pengeringan di jemur dengan sinar matahari.
Rasa manisan kelimbauan yang asam manis dapat menyegarkan pengunjung yang telah lelah menikmati berbagai objek wisata maupun event - event budaya di Kota Singkawang.

Mie Tiau.
Dengan persentase penduduk Tionghoa yg mencapai 42 %, tentunya makanan khas masyarakat Tionghoa ini memperkaya aneka makanan yang ada di kota Singkawang, salah satunya adalah Mie Tiua. Berbagai produk mie, baik bentuk maupun harga, sehingga cocok untuk oleh-oleh keluarga atau rekan wisatawan yang datang ke kota Singkawang.
Salah satu pembuat mie dikota Singkawang adalah Mie Kembang Dua Se Fui terletak di jalan Kridasana No. 23 Singkawang.

Tahu.
Tahu Singkawang terkenal gurih dan nikmat, rasa tersebut didapat dari proses pembuatan kacang kedelai menjadi tahu yang diolah secara tradisional tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga tahu yang dihasilkan benar-benar aman untuk dikonsumsi. Tahu tersedia di pasar tradisional yang ada di Singkawang maupun langsung datang ke tempat pembuatannya.
Pembuatannya dilakukan secara home indsutri yang terdapat di Jalan Antasari Gang Satelit, Jalan Yohana Godang.
Untuk memeudahkan para pembeli, biasanya para penjualan menempatkannya pada ember plastik berkapasitas antara 60-200 buah tahu. Saat ini, harga tahu Singkawang dipasaran Rp. 500. Bila konsumen membeli langsung di agen untuk oleh-oleh, harga tahu dipatok Rp. 400
Karena permohonan terhadap tahu tersebut begitu banyak, maka diharapkan kepada pembeli untuk memesan beberapa hari sebelum pengambilan.

Kue.
Singkawang juga menyediakan berbagai jenis kue yang biasa digunakan masyarakat Tionghua dalam melakukan berbagai ritual maupun yang biasa disajikan pada hari raya maupun pada hari biasa. Kue - kue tersebut, misalnya kue kerenjang, kue bulan, nyanko coklat, nyanko wijen, nyanko isi tausa.
Kue kue tersebut tersedia di toko-toko kue yang ada di Singkawang maupun langsung datang ke tempat pembuatannya. Salah satu pembuat Kue Bulan adalah Sauchong yang terletak di jalan Pastoran No. 5 Singkawang.

Choi Pau Pan.
Kue sejenis lumpia basah berbentuk segi tiga. Makanan khas masyarakat Tionghoa.Makanan ini lebih nikmat bila dipadukan dengan sambal cair botol. Makanan ini terbuat dari tepung berisikan bengkoang tumis, rebung tumis, atau daun bawang. Makanan ini mudah diproleh di warung-warung kopi di Kota Singkawang.

2 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

MU LIHAT YA TERSERAH ANDA

MU LIHAT YA TERSERAH ANDA
Jika Anda Mengklik Akan Dibawa Ke Web ini